Rabu, 07 Maret 2012

Unikya Kasih Orang Tuaku

ibu,
beliau tak pernah rayakan ulang tahunku,,, katanya “opo-opoan wae ngunu iku”
apalagi kasih hadiah,,, g pernah
beliau tak pernah belikan aq mainan. sedangkan teman2,,, punya begitu banyak koleksi mainan
beliau tak memeluk dan mencium pipiku saat akan tidur. beda dengan teman2,,, tiap pagi, sore dan malam hari selalu mendapat sentuhan hangat dari ibunya
bahkan untuk ucapkan “ibu sayang kamu”, tak pernah
beliau tak pernah meriasku untuk ikut karnaval 17-an. q lihat ibu2 yg lain, bingung menyambut karnaval anak-anaknya
beliau tak pernah menemaniku bermain, tapi justru mengobraki aq saat aq keluar dengan teman2
beliau pun selalu memerahiku jika kutunda waktu sholatku
beliau tak pusing saat aku ngambek dan mogok makan
beliau acuh tak acuh saat aku berantem dengan teman2

apalagi abah,
beliau selalu marah kalau aku bolos diniyyah
beliau selalu marah kalau aku mogok muthola’ah (belajar)
emosinya tambah tinggi kalau tahu aku kelamaan ada di luar
beliau pernah Nuci aku di WC,sampe sekarang q belum bisa nelupain kejadian itu

itu semua karena aku emang bandel
saat liburan beliau tak pernah mengajakku ke tempat2 hiburan seperti yg dilakukan oleh ayah2 yang lain
ke jatim park, taman safari, air terjun atau yang lain
bahkan untuk beli baju lebaran saja, beliau titip ukuran ke saudara
hmm…. namanya juga anak kecil, dalam benakku masa tiap liburan dibawa ke sunan giri melulu,
pol-polan hadiah dari ranking yg kuterima adalah,, diajak ke Ramayana,atau salemba..
batinku saat itu,,,
abah,,apa aku ini rayap, dijejeli buku melulu..
aq ini anak kecil,,, pengen mainan, pengen hiburan…
habis shubuh enaknya tidur bah,, kok dah disuruh ngaji
sore2 itu waktunya bermain bah,, kok disuruh diniyyah
capek deh,,,!!!
bahkan saat mondok pun,
ketika q sulit beradaptasi dan merengek-rengek minta pulang
jawab beliau “moleh-moleho,, tapi g usah sekolah pisan… angono wedus utowo dodol es. nek goblok yo mbok pek-pek dewe. abah g melu-melu”

hehehe… ingat masa lalu, jadi ingin tertawa
aq bangga dengan beliau ber-2….
aq bahagia menjadi anaknya
aq bersyukur dianugerahi orang tua seperti beliau2
karena aq tahu
letak kasih sayang orang tuaku
bukan ada di belaiannya, bukan di bahasanya, bukan di bentuk hadiahnya,seperti yg dilakukan orang tua yang lain
tapi kasih sayangnya ada di saat memarahiku, saat menghukumku, saat menungci ku di WC,di saat2 mendebarkan yang lain
aq pikir, memang begitulah cara beliau mengungkapkan rasa sayangnya.

aq tahu,
meski beliau lontarkan kata2 dengan nada amarah kepadaku,
tapi aku tak pernah absen untuk disebut di tiap do’anya.
meski pandangan matanya menyeramkan saat memarahiku,
tapi aku tahu bahwa tiap malam air matanya selau menetes karenaku.
meski beliau tak pernah memberiku hadiah di hari ultahku,
tapi aku tahu di hari itu beliau tak henti-hentinya membacakan al-fatihah untukku.

uniknya kasih sayang orang tuaku,
beda dengan orang tua teman2q…

jangan pernah berfikir bahwa orang tua kita tak sayang pada anaknya,
kasih sayangnya begitu dalam
hanya kita saja yang tak mampu merasakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar